Budidaya Ikan Koi Di Kolam Tanah

Munculnya ikan hias jenis koi,yang mana saat ini sudah dikenal oleh berbagai orang dan dikenal secara luas yang di mulai di negara Jepang, kebanyakan di sana masyarakat di jepang ini sangat hobi akan memelihara ikan koi, yang mana salah satu jenis ikan ini masih tergolong kedalam jenis ikan mas atau bahasa ilmiahnya ialah cyprinus carpio ini. Banyak yang mempercayai bahwa ikan koi ini dapat memberian hoki atau keberuntungan bagi sang pemiliknya.

Budidaya Ikan Koi Di Kolam Tanah

Ikan koi ini dalam literasi bahasa Jepang berarti ikan karper  yang mana merupakan salah satu lambang persahabatan abadi serta terciptanya kasih dan cinta yang tulus. Hal ini bukan tanpa alasan, di negara asalnya Jepang sendiri ikan koi ini merupakan homofon atau dengan kata lain bisa bermakna kasih sayang atau pun cinta. Umumnya bahwa jenis ikan koi banyak dipelihara orang dikarenakan jenis ikan hias ini selain mempunyai keindahan,namun juga dapat membawa keberuntungan  di dalam rumah maupun luar rumah sang tuan.

Berikut akan kami ulas panduan singkat budidaya ikan koi di Kolam Tanah

Ketentuan Lingkungan Hidup Ikan Koi

Sebelum anda melangkah dan terjun untuk fokus budidaya ikan koi,maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan,untuk langkah awal ini setidaknya anda harus memperhatikan terlebih dahulu tentang lingkungan sekitar anda yang akan nantinya akan anda jadikan untuk lahan budidaya ikan koi,karena pada dasarnya lingkungan hidup ikan koi ini sangat  beraneka ragam serta bergantung dari wadah mana yang akan dijadikan untuk tempat seleksi ataukah seleksi lewat media aquarium, bak semen, kolam, bak filter.

Hal yang paling penting anda perhatikan secara seksama adalah tentang kebersihan serta keadaan lingkungan tempat budidaya ikan koi yang hendak anda bangun.

Pastikan agar air yang anda gunakan mempunyai kualitas baik dan tentunya hal ini akan sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup ikan koi agar jauh lebih terjamin. Air yang nantinya akan dipakai untuk budidaya ikan koi harus benar-benar terbebas dari berbagai macam jenis bakteri ataupun kandungan zat beresiko,yang mana hal tersebut dapat mengganggu kelangsungan hidup ikan koi.

Menjaga Larva Koi

Menjaga larva koi merupakan tahap kedua,dan dikategorikan tahap yang terpenting dalam hal budidaya atau hanya sekedar memelihara ikan koi. Pasalnya tahap yang paling menguras perhatian ialah menjaga ikan koi dari mulai menetas hingga akhirnya tumbuh dewasa,hal semacm ini merupakan sebuah  rangkaian proses yang membutuhkan ketrampilan serta ketelatenan dan juga kehati-hatian. Sesudah anda memperoleh lingkungan yang baik untuk tempat budidaya ikan koi, anda pun juga harus memikirkan tentang berbagai macam hal lain yang tentunya memerlukan perhatian secara khusus..

Persiapan Pembuatan Kolam Tanah

Persiapan langkah budidaya ikan koi dengan media kolam tanah,yang mana hal ini telah mencakup berbagai macam persiapan terutama untuk  area kolam, lalu juga persiapan material kayu atau bambu untuk pagar serta persiapan fitur partisan.

Area yang  anda butuhkan untuk budidaya ikan koi di kolam tanah haruskah sesuai dengan situasi serta memperkirakan berapa banyak jumlah ikan koi yang akan anda budidayakan.

Untuk anda yang ingin memanfaatkan area dengan ukuran 2 x 1 x 0,6 mtr.maka nantinya anda dapat mengisi dengan 100 ekor koi yang mempunyai ukuran 5–7 cm.Di mode pembuatan kolam  ini anda dapat menggali tanah dengan kedalaman 50 cm,dan kemudian anda batasi dengan bantuan pagar besi ataupun dari bahan kayu.

Pembatasan Jumlah Ikan dalam Kolam

Ikan koi yang akan dibudidayakan di kolam tanah haruslah memerlukan ruang untuk bergerak bebas,hal ini dikarenakan agar ikan koi dapat cepat tumbuh besar dan dalam keadaan sehat, jumlah ikan koi yang ada di dalam kolam tanah setidaknya jangan melebihi kapasitas atau overload yang mana dalam hal ini nantinya akan menjadi penghambat untuk ikan koi dalam hal tumbuh kembang.

Sebagai contoh saja jika ukuran kolam tanah berkisar  2 x 1 meter dan kedalamnya 60 cm maka hal ini cocoknya untuk budidaya ikan koi dengan jumlah 100 ekor koi dengan masing-masing ukuran ikan 5 hingga 7 cm.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>