Harga Bibit Pohon Tabebuya,Siap Tanam

Sebelum bunga Tabebuya di Surabaya menyebar dan dikenal luas oleh masyarakat, pemerintah kota Surabaya telah menanam bunga tabebuya. Bahkan, pembibitan atau pembibitan pohon telah dilakukan di Kebun Benih Wonorejo di Rungkut, Surabaya, selama lima tahun.

Kepala Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Surabaya Green Cleaning and Open Space (DKRTH), Hendri Setianto, memastikan bahwa berbagai jenis tabebuya yang dibudidayakan terdiri dari berbagai jenis kuning di atas putih menjadi merah muda.

Harga Bibit Pohon Tabebuya,Siap Tanam

Kami sedang berusaha mengembangkan taman kanak-kanak ini dalam jangka panjang. Jika sekarang menjadi taman kanak-kanak, penamaan akan berlangsung dalam lima tahun ke depan, kata Hendri pada Jumat, 22 November 2019.

Proses taman kanak-kanak instagramable tidak hanya untuk kebutuhan taman kota, tetapi juga untuk masyarakat. Warga negara nantinya dapat mengajukan aplikasi bunga ke DKRTH.

Kalau ditanya, kami akan berikan secara gratis. Tapi tidak sebesar yang ditanam di pinggir jalan. Karena masih butuh waktu, katanya.

Menurut Hendri, berbagai pembibitan telah dikembangkan di kebun bibit Wonorejo, yang mana kebun ini mempunyai luas sekitar satu hektar. Dari area pembibitan, area pembibitan tanaman Tabebuya untuk saat ini sudah menempati lahan sebanyak 100 x 2 meter yang terdiri dari beberapa blok dan beberapa bagian.

Dari biji (tabebuya) yang kami ambil dari tanaman pinggir jalan, kami ikat di blok atau ditinggikan. Ada sekitar enam blok, dan ada sekitar 1.500 benih di setiap blok, katanya.

Hendri mengatakan bahwa dari proses taman kanak-kanak di bedeng, jika tinggi tanaman 30-50 sentimeter, proses selanjutnya akan dipindahkan untuk membuka lahan tanpa polybag di sekitar taman kanak-kanak.

Biarkan tumbuh dengan cepat. Lalu kita pergi ke taman kanak-kanak lagi. Kita menabur dari biji kering, ketika kita tumbuh, kita mengambilnya dan kemudian mengemasnya dalam polybag, jelasnya.

Hendri juga mengatakan bahwa pemerintah kota sejauh ini belum menumbuhkan Tabebuya. Namun, beberapa ditanam di taman kota.

Sementara di beberapa ruas jalan karena membutuhkan ukuran besar, pemerintah kota ini didatangkan dari taman kanak-kanak di Kediri, Tulungagung dan Malang. Pengadaan akan berlanjut karena ketinggian pohon di TK sekitar satu meter, katanya.

Pramudita Yustiani, direktur UPTD Taman, mengatakan bahwa kelompoknya memiliki tim khusus yang terdiri dari lima petugas dari TK hingga pemeliharaan. Mereka dianggap berpengalaman dalam proses pembibitan tanaman. Kami membuat pembibitan ini intensif karena banyak yang bertanya setelah melihat kapan mekar, katanya.

Pada bulan November pohon Tabebuya mekar di beberapa jalan. Keindahan bunga tabebuya yang muncul di tempat berbeda sering digunakan sebagai tempat selfie bagi penghuninya. Ada sekitar 7.000 pohon tabebuya di Kota Pahlawan. Setelah penanaman luas di pusat kota, DKRTH memperluas penanaman di pinggiran.

Pramudita menambahkan bahwa menanam tanaman Tabebuya tidaklah sulit. Untuk kesuburan tanaman, DKRTH hanya menggunakan pupuk organik, termasuk pengomposan.

Habitat asli tanaman tabebuya ini sebenarnya adalah daerah kering, sehingga tanaman tabebuya ini memiliki ketahanan kekeringan yang hebat. 

Tanaman Tabebuya ini biasa disebut juga dengan tanaman yang cocok untuk dijadikan benih reboisasi ketika berada di daerah berhutan di tengah-tengah dari mana, karena tanaman tabebuya ini pada dasarnya memiliki ketahanan yang sangat kuat dan tentu saja tidak memerlukan pemeliharaan rutin.

Tanaman ini adalah tanaman hias yang terkenal tidak hanya di iklim tropis, tetapi juga di iklim subtropis. Tanaman tabebuya juga tidak membutuhkan banyak perawatan, tetapi memotong batang tanaman yang mati. Invasi hama dan penyakit tidak sering menyerang tanaman Tabebuya ini.

Karakteristik utama dari tanaman tabebuya ini adalah:

Kayu

bercak abu-abu terang, relatif lembut, keputihan bujursangkar dan ikatan pengering gratis tanpa masalah dan sering digunakan dalam kondisi hijau atau basah untuk pekerjaan bubut dan cangkang berukir.

Bunga

Bunga-bunga tanaman ini sangat dominan bermotif pink, merah dan kuning. Namun, ada juga yang memiliki warna ungu tua dengan diameter rata-rata

Bunganya bertahan hampir 4 sentimeter dan sedikit rata di bagian bawah, daunnya cukup lebar dengan panjang hampir 3 sentimeter.

Waktu yang tepat untuk mulai menanam tanaman Tabebuya di antara musim semi untuk menyebabkan suhu yang saling terkait antara musim gugur dan musim gugur antara 22 dan 24 derajat Celcius.

Di kota-kota besar, misalnya di Surabaya dan Malang, Tabebuya ditanam di taman gang. Banyak yang menyebutnya sakura Indonesia karena tabebuia (terutama merah muda) mirip bunga sakura.

Jika Anda tertarik dengan keindahannya, mari tanam dan rawat bunga tabebuia Anda sendiri di taman Anda. Terlepas dari pola bunga Tabebuia mana yang ditanam, metode penanamannya sangat sederhana. Kali ini kami merangkumnya dari berbagai sumber dan literatur. 

Ini pengoprasian nya:

1. Menabur benih

Membuat biji, dapat berasal dari biji, atau membeli tanaman yang masih kecil di pabrik komersial. Jika benih berasal dari pedagang tanaman, lewati langkah pertama ini. 

Langsung ke langkah 2.

Biji dapat diperoleh dari tanaman tua. Ambil saja biji yang sudah kering dan jatuh dari pohon. Biji umumnya dibungkus dengan biji polong.

Keringkan benih yang masih terbungkus mantel biji setidaknya selama seminggu dalam angin kering. Pengeringan ini akan membuat benih nantinya bisa berkecambah saat disemai. Karena ketika biji kering, proses penyerapan (masuknya air ke dalam biji) berlangsung dengan kecepatan kilat.

Siapkan media inokulasi. Dapat berupa kombinasi kompos dan pasir 1: 1. Selalu jaga agar media tetap lembab (tetapi tidak mandek) dengan menyiramnya setiap hari.

Menabur benih tiga kali diameter benih dan letakkan di tempat dengan sinar matahari yang layak, yaitu dari George Abraham di Green Thumb Garden Handbook.

Pindahkan tanaman ke polybag (plastik / pot) saat 3 hingga 4 daun telah keluar.

Polybag dapat mengandung kombinasi kompos dan tanah dalam perbandingan 1: 1. Biarkan tanaman Tababebuia berdiri hingga 50-70 cm dalam polybag sebelum dibawa ke halaman.

2. Bibit tanaman

Siapkan lubang tanam. Dimensi lubang tanam bervariasi. Dengan bibit besar 50 cm, dimensi lubang tanam PxLxT cukup 50x50x50 (cm unit). Idealnya, lubang tanam harus dibiarkan terlebih dahulu sehingga terkena panas matahari sepanjang hari. Namun, langkah ini bisa dilewati.

3. Pemupukan

Buat tumbuhan tipe tumbuhan, semacam pula Tabebuia, tidak butuh tergesa dipupuk. Perkenankan berkembang natural dahulu setahun. Baru sehabis itu dapat dipupuk dengan pupuk organik.

Triknya terdapat 2. Awal disebar melingkar di dekat tumbuhan, dengan acuan bundaran pupuk selebar kanopi daun. Metode kedua dengan membuat lubang di dekat tumbuhan dengan kedalaman 20 cm, kemudian diisi dengan pupuk organik.

4. Pemangkasan

George Abraham dalam buku yang berujudul The Green Thumb Garden Handbook menganjurkan, pemangkasan dicoba secara tertib, tiap tahun di akhir masa panas menjelang masa penghujan.

Dengan begitu, diharapkan wujud kanopi lebih tertib serta timbul cabang ataupun ranting- ranting muda yang masih fresh.

Tidak hanya itu, pula melindungi performa kanopi daun supaya lebih nikmat ditatap mata. Sehingga kala berbunga dapat tertib serta simetris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *