Minyak Untuk Senapan Angin

Minyak Untuk Senapan Angin

Minyak Untuk Senapan Angin – Seseorang yang memiliki senapan angin ataupun senjata api sudah pasti tahu bahwa yang paling penting bagi senjata kesayangannya tersebut adalah minyak. Tetapi minyak apa dan bagaimanakah cara menggunakannya merupakan sebuah pertanyaan yang seringkali dipertanyakan. Hal ini memang seringkali ditanyakan khususnya bagi pemula yang tentunya masih belum mengenal senapan angin secara mendalam.

Dalam pemilihan minyak, kami tidak percaya sama sekali dengan adanya minyak universal. Minyak yang dapat digunakan untuk semua jenis senapan angin serta minyak untuk seluruh bagian senapan angin. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya hanya akan fokus membahas senapan angin pcp jenis multi-pump atau uklik dan kami pecah-pecah kembali penggunaannya dalam masing-masing komponen.

Minyak untuk Bagian Permukaan Logam yang Bergesekan

Pemanfaatan minyak pada komponen ini bertujuan untuk memberikan lubrikasi atau kelicinan pada komponen suatu logam yang telah bergesakan serta dapat mencegah pada bagian permukaan logam yang bergesekan. Selain itu, minyak ini juga bermanfaat untuk memberikan perlindungan secara khusus pada proses oksidasi atau korosi di bagian yang selalu mengalami gesekan.

Pada senapan angin Sharp Ace miliki kami, tabung pompa dibuat dari baja yang meskipun dibronir masih tetap bisa mengalami erosi akibat bergesekan dengan piston. Hal ini sebenarnya bukan menjadi masalah yang besar pada tabung kuningan meskipun lapisan krom dan bronir akan tetap terkikis.

Khusus pada pada senapan multi pump, bagian-bagian yang mengalami bergesekan adalah

  1. Bagian permukaan silinder dan juga piston pemompa,
  2. Persendian atau engsel mekanisme pompa,
  3. As penting yang ada dalam tutup tabung kompresi,
  4. Permukaan plat L picu, dan terakhir
  5. Pada bagian dalam laras senapan.

Untuk bagian tersebut banyak sekali yang menyarankan untuk menggunakan minyak yang terbuat dari bahan dasar petroleum atau minyak bumi dengan pemberian zat aditif langsung dari senyawa logam molybdenum (moly grease atau moly oil). Sedangkan tingkat kekentalan harus jauh lebih kental dari sekitar 30 untuk skala viscocity-nya. Jika terlalu encer ataupun terlalu banyak maka bisa mengakibatkan minyak sangat mudah sekali untuk masuk ke dalam tabung kompresi secara langsung sehingga sudah pasti memberi kontaminasi prematis alias kerusakan pada bagian seal atau o-ring komponn tabung kompresi tersebut.

Kami disini memanfaatkan pelumas Pertaminan Enduro Matic yang mempunai kekentalan multigrade hingga 1W30 dan mempunyai zat aditif molybdenum. Pemilihan tersebut karena produk ini sangat mudah untuk didapatkan daripada harus mencari moly grease.

Untuk pemakaiannya, bisa langsung dioleskan secara tipis ketika memasang piston ke bagian dalam tabung pompa kepada permukaan yang terkontak secara langsung. Terkadang kami juga menambahkan lagi ke bagian permukaan piston sebanyak 2 sampai 3 tetes apabila usaha memompa dirasa keras.

Manfaat yang bisa kami rasakan secara langsung adalah usaha pompa terasa jauh lebih ringan dan bunyi ketika mempompa menghilang. Picu menjadi lebih konsisten pada posisinya sehingga untuk gejala gembos ketika mengisi angin atau misfilling akan berkurang.

Disamping itu, minyak ini memiliki aroma yang cukup wangi dan saya pun suka aroma wanginya. Kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan minyak ini pada senapan springer.  Hal ini karena minyak yang berbahan dasar minyak bumi sangat rentan untuk mengalami dieseling maupun detonasi ketika dikompresi secara tepat oleh piston springer.

Minyak Untuk Merawat Seal atau O-ring

Pemakaian minyak di bagian seal atau o-ring sangat bermanfaat untuk memberikan kelembaban sehingga bisa mencegah karet ataupun material sintetik o-ring tidak menjadi kering dan menyusut. Pemberian minyak tersebut memiliki tujuan untuk bisa melembebkan tanpa membuat karet ataupun material sintetik menjadi melar.

selengkapnya di https://www.gsasportindonesia.co.id/product/senapan-angin-pcp-predator-marauder-od-38/

Untuk masalah ini, pemberian minyak yang terbuat dari bahan dasar minyak bumi harus Anda hindari karena bisa membuat melar. Selain membuat melar, minyak bumi diketahui memiliki tingkat keasaman yang tinggi karena mengandung asam naftenat (naphtenic acid) sehingga apabila tercampur langsung  dengan air akan semakin memudahkan proses oksidasi atau korosi.

Perlu Anda ketika Anda memompa udara ruangan terlebih ketika kelembaban tinggi, Anda bukan haya mengkompresi udara kering saja tetapi uap air nantinya bisa terkondensasi di dalam tabung udara serta akan berubah menjadi titik-titik air.

Kombinasi antara minyak dengan air adalah keasaman yang meskipun memberikan pengaruh besar pada tabung kuningan tetapi bisa merusak bagian seal atau o-ring khususnya yang terbuat dari bahan dasar karet.

Bahan dasar dari minyak terbaik khusus untuk bagian seal atau o-ring ialah minyak silikon atau silicone. Apabila kandungan silikon-nya semakin murni maka bisa dikatakan semakin baik. Dalam hal ini lebih baik menggunakan minak silikon dengan kualitas food grade. Tetapi  untuk masalah senapan merk yang paling terkenal yaitu Crosman Sillicone Chamber Oil.

Minyak untuk Merawat Finishing

Finishing pada sebuah senapan angin memiliki banyak cara serta melibatkan berbagai macam materi. Untuk materi logam yang dibronir maka pemakaian minyak memilik tujuan untuk memberikan lapisan yang tipis (film) pada bagian permukaan logam yang berfungsi untuk dapat mencegah kontak langsung dengan udara bebas.

Seperti yang kita ketahui bahwa oksidasi terjadi karena disebabkan oleh persenyawaan logam dengan oksigen (konsentrasi pada udara 21%, pada bagian permukaan laut, dengan tekanan 1 atm).  Terjadinya oksidasi pada besi biasa disebut dengan pembentukan karat, terjadi karena memerlukan modalitas logam (secara tidak terbatas pada bagian besi) dan juga oksigen.

Reaksi tersebut semakin dipercepat dengan adanya air dan asam. Modalitas tersebut sangat lengkap dan didapatkan pada kegiatan menembak. Tidak dapat dipungkiri bahwa baja merupakan salah satu material yang selalu digunakan sebagai bahan dasar pembuatan senapan angin dan udara yang notabene memiliki kandungan oksigen merupakan sumber energi penggerak bagi senapan angin miliki kita, serta tangan kita sendiri yang memiliki kandungan asam dan air merupakan katalisator terjadinya proses korosi atau oksidasi.

Proses bronir atau bluing merupakan sebuah cara untuk dapat mencegah terjadinya kontak besi, udara dengan pemberian lapisan sangat tipis Fe304 yang merupakan karat terbaik (karena memiliki warna yang bagus serta lebih stabil) pada bagian permukaan besi.

Tetapi bronir seringkali tidak mampu menahan proses oksidasi secara alami (pembentukan Fe2O3, karat merah) akibat dari adanya air dan juga asam yang berasal dari tangan pemegang senapan itu sendiri. Maka dari itu diperlukan strategi lainnya untuk dapat mencegah terjadinya proses oksidasi ini.

Pada senapan angin Sharp Tiger dimana bagian laras bajanya telah diselubung oleh material sintetik mirip seperti plastik yang memiliki tujuan untuk dapat mencegah terjadinya karat dan bisa membuat bobot senapan angin secara keseluruhan menjadi lebih ringan. Tetapi pada senapan angin Sharp Ace diharuskan untuk menggunakan minyak karena bagian laras senapan terbuat dari baja utuh.

Sebenarnya pemakaian minyak untuk masalah ini sangat luas pilihannya, selama minyak tersebut sudah cukup kental, bisa menyebar secara merata dan tidak meninggalkan endapan ataupun kerak ketika mengering.

Dalam berbagai situs banyak sekali usulan mengenai jenis minyak untuk kepentingan yang satu ini. Mulai dari minyak jagung dan mungkin bisa dibilang sebagai satu-satunya tempat untuk pemakaian minyak goreng baru yaitu untuk kepentingan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>