Situs Purbakala Patiayam,Tanam Ratusan Pohon

Komitmen Yayasan Djarum terhadap jasa lingkungan untuk menghijaukan lingkungan dan mengurangi dampak bencana alam dan pemanasan global terus berlanjut di berbagai wilayah Indonesia melalui program Djarum Trees For Life (DTFL).

Bersama dengan Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, dan Kelompok Tani Hutan (KTH), Patiayam Rejo melakukan reboisasi sore ini dengan menanam ribuan pohon Ketapang Kencana dan juga tanaman buah-buahan seperti buah mangga, alpukat, durian, Jambu Bol dan tanaman lainnya, yaitu Eucalyptus, Tabebuia rosea, asam, Jawa, Ketapang Kencana, Cassia Fistula dan Banyan ditanam di Bumi Kampung Ronggo Kusumo, desa Klaling.

Situs Purbakala Patiayam,Tanam Ratusan Pohon

Wakil Presiden Yayasan Djarum FX Supanji dan bupati incumben Kudus HM Hartopo sementara secara simbolis memberikan ribuan bibit pohon Ketapang Kencana kepada petani di Patiayam 

Dalam sambutannya, FX Supanji, Wakil Presiden Yayasan Djarum, mengatakan bahwa Gubernur Pusat Ganjar Pranowo terkejut beberapa waktu lalu setelah meminta foto-foto kondisi Pegunungan Patiayam.

“Dia terkejut setelah saya mengirimnya dan melihat kondisinya. Kemudian muncul pemikiran bahwa puncak hijau gunung ini akan menghasilkan air dan menembus tanah dan memberi kita semua dan tanaman yang ada air,” katanya, Rabu (15 Januari) .2019).

Selain itu, jika dia tidak menanamnya, dia juga akan dapat menciptakan kemakmuran dalam mencapai tujuan ini.

“Akhirnya disepakati hari ini untuk menghijaukan Patiayam. Tetapi masih ada tempat-tempat tertentu yang merupakan hutan lindung sehingga mereka dapat mengalirkan air yang bahkan dapat diminum. Kami percaya bahwa keseimbangan ekosistem akan kembali dan kami berkomitmen untuk itu Untuk melindungi alam, “katanya.

Ia berharap semua pihak akan mendukung kegiatan ini karena ini untuk anak-anak dan cucu. Jual Bibit Pohon Ketapang Kencana

“Anak-anak dan cucu-cucu kita akan mengingat kita, bahkan jika kita pergi. Semoga ini menjadi berkah,” katanya.

Bupati von Kudus, H.M. Dalam sambutannya, Hartopo berterima kasih kepada Djarum Foundation atas perlindungan lingkungan.

“Pegunungan di sini gundul, petani telah menanam singkong, tanaman musiman, bukan pohon Ketapang Kencana keras. Setelah panen, dipanen setiap tiga bulan sehubungan dengan kebutuhan ekonomi,” katanya.

Sesuai dengan rekomendasi gubernur, alangkah baiknya jika pohon Ketapang Kencana ditanam, buah bisa dipetik, diproduksi, tetapi pohon Ketapang Kencana tetap ada sehingga tidak ada sedimentasi yang tidak mengoptimalkan fungsi sungai dan memicu banjir.

“Jangan membuang cabang di selokan karena ini juga dapat menyebabkan banjir. Hari ini Pegunungan Patiayam ditanam dengan spesies pohon Ketapang Kencana, semoga Kudus akan lebih hijau,” katanya.

Tidak banyak orang ketahui tentang salah satu tumbuhan ketapang kencana, yang mana tumbuhan ini nyaris terdapat di segala zona tepi laut. tumbuhan ini lumayan teduh serta menghasilkan atmosfer asri.

Memanglah, ketapang kencana ataupun katapang varigata tidak sepopuler tumbuhan lain yang mana sangat banyak digunakan orang dengan metode yang sangat berbeda. Tidak pula menemukan nama yang terkenal bukan berarti tidak bermanfaat sama sekali.

Tumbuhan ketapang kencana ini nyatanya mempunyai nama yang berbeda- beda di tiap wilayah, Terminalia catappa, mempunyai bermacam khasiat, tercantum bagaikan bahan papan serta bahan obat herbal.

Mangulas Tumbuhan ketapang bisa jadi hendak seru serta menarik, alasannya tumbuhan ini lumayan populer di Indonesia, yang mana sangat gampang kamu temukan di pinggir jalur serta di protokol jalur di kawasan Kota Besar semacam Jakarta, Surabaya, Serta Semarang.

Tetapi, mengerti kah kamu kalau ketapang kencana ini memiliki banyak khasiat dari mulai biji ataupun pangkal dari ketapang itu sendiri. Berikut hendak kami ulas secara pendek serta perinci menimpa Tumbuhan Ketapang Kencana

Ciri utama tumbuhan ketapang

Tumbuhan ketapang merupakan tumbuhan khas di daerah Asia Tenggara. Ketapang bisa ditemui nyaris di mana- mana di Asia Tenggara, kecuali di pulau Sumatra serta Kalimantan.

Tumbuhan ini dibawa dari Asia Tenggara serta tersebar di bermacam belahan dunia. Setelah itu didetetapkan kalau hawa di Australia Utara, India, Polinesia, Madagaskar, Pakistan, Afrika Barat, Afrika Timur, Amerika Selatan, serta Amerika Tengah sesuai buat menanam Ketapang.

Pada dasarnya, tumbuhan ketapang bisa berkembang di wilayah pesisir( dataran rendah) dengan curah hujan dekat 1. 000 sampai 3. 500 milimeter per tahun.

Tumbuhan ketapang merupakan tumbuhan besar yang rindang. Tingginya dapat menggapai 3 m dengan lebar tongkat 1, 5 m. Ketapang mempunyai satu watak, ialah kalau ranting- rantingnya berkembang menyamping( horizontal) serta berlapis- lapis. Dampaknya, tumbuhan ketapang kerap nampak semacam bangunan pagoda.

Ketapang Kencana memiliki wujud daun dengan luas yang lebar serta cenderung meruncing di bagian ujungnya, Ketapang nampak terus menjadi produktif serta rindang. Ditambah bunga- bunga kecil yang indah dalam corak kuning serta hijau, pohon- pohon ketapang nampak menarik, sehingga pemerintah bermacam kota di Indonesia memakainya bagaikan tumbuhan bayangan buat jalanan.

Tumbuhan ketapang menciptakan buah- buahan yang berupa semacam telur pipih serta bersayap kecil. Rupanya merah, kuning, kehijauan bila tidak matang, serta berganti jadi merah- ungu dikala dimasak. Buah ketapang mempunyai susunan gabus. Inilah kenapa buah ketapang dapat berenang di laut ataupun di sungai sepanjang berbulan- bulan. Buah ketapang pula disebarkan oleh kelelawar.

Khasiat ketapang secara umum

Nyaris seluruh bagian tumbuhan Ketapang bisa digunakan. Daun kerap digunakan bagaikan dasar buat penciptaan tinta, menghitam serta penyamakan kulit. Daun ketapang memiliki 12 tipe tanin yang dapat dihidrolisis.

Jaringan kulit kayu( pepagan) bisa digunakan bagaikan zat perona. Corak yang dihasilkan dari ekstrak tumbuhan Ketapang kencana ini dominan dengan corak kuning kecoklatan serta nyaris mirip dengan minyak zaitun. Kulit kayu ataupun bagian pepagan ini banyak memiliki tanin sebesar 11% sampai 23%.

Kayu tumbuhan ketapang bercorak merah muda hingga kecoklatan. Kepadatan kayu tertentu, yang diucap terminalia merah- coklat, antara 0, 465 serta 0, 675. Kayu tumbuhan ketapang tidak tahan lama, namun sangat tahan serta keras, sehingga kayu ketapang kerap digunakan buat menutupi lantai( veneer) serta buat membuat perahu.

Biji buah ketapang dapat dimakan. Sebagian orang apalagi berpikir kalau biji ketapang lebih baik daripada biji kenari. Sebab itu, banyak pembuat kue memakai biji ketapang bagaikan pengganti kenari serta almond. Kala inti biji ketapang dikeringkan di dasar cahaya matahari, tercipta minyak kekuningan.

Minyak ini kaya hendak bermacam asam lemak semacam asam oleat( sampai 23, 3%), asam palmitat( 55, 5%), asam linoleat, asam miristat serta asam stearat. Tidak hanya asam lemak, biji ketapang kering pula memiliki gula 16%, protein 25% serta bermacam tipe asam amino.

Biji ketapang bisa merendahkan kandungan kolesterol

Bersumber pada riset oleh periset dari University of Toronto, Kanada, buah biji ketapang bisa menolong merendahkan kolesterol darah. Kenyataan ini didetetapkan bagaikan hasil investigasi dengan 3 kelompok partisipan.

Dalam riset semen Ketapang ini, kelompok awal merendahkan kolesterol lewat diet tingkatan rendah yang cuma komsumsi santapan dengan krim susu serta sereal. Kelompok kedua diberi makan sama semacam kelompok awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *