Sosok Kepala Desa Harus Bisa Memperjuangkan Masyarakat

Sosok Kepala Desa Turus Kecamatan Gampeng Kabupaten saat ini ada pada Sugarman. Ya, laki-laki yang lahir pada April 1969 ini menjabat selama dua periode untuk kepala desa Turus.  Ia pertama kali menjabat sebagai kepala desa tahun 1999 dan ditahun kedua dimulai tahun 2013.

Awal dari jejaknya sebagai kepala desa, Sugiman memiliki cerita tersendiri. “Orang tua nyuruh pulang dari perantauan, ternyata supaya saya bisa mencalonkan kepala desa,” katanya sambil tersenyum. Ayah dari 2 anak ini juga mengaku mendapatkan panggilan hati untuk memberikan yang terbaik bagi desanya. “Kita harus bisa memperjuangkan masyarakat lebih sejahtera serta mengangkat sisi ekonomi,” kata Sugarman. Laki-laki yang dulunya pernah bekerja sebagai karyawan disalah satu perusahaan es krim di Indonesia ini memandang warganya memiliki semangat gotong royong yang tinggi dan masih menjaga adat istiadat. Hal inilah yang membuatnya ingin memperjuangkan warganya.

Simak juga nih jenis ikan hias air tawar

Dalam mengambil kebijakan ia mengambil skala prioritas sesuai kesepakatan bersama warganya. Sosok yang dikenal sabar dan kalem ini berhasil mendirikan kelompok jahit ibu-ibu dengan istrinya, Rukoyah. “Mencoba memanfaatkan rumah yang kosong untuk kegiatan jahit menjahit ibu-ibu disini,” ungkapnya sambil menunjuk ke arah rumah kuno tempat kegiatan jahit ibu-ibu di Desanya. Ia juga menjelaskan bila memperjuangkan masyarakat tidak harus dengan sesuatu yang langsung wah,melainkan dengan hal kecil tapi terlihat perubahannya.(c2)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>